Ruang Keadaan
Latar
Belakang Masalah
Dalam ruang keaadaan kita dapat memahami sebuah
masalah dengan baik, maka kita harus :
1. Mendefenisikan
suatu ruang keadaan tersebut
2. Menetapkan
satu atau lebih keadaan awal
3. Menetapkan
tujuan
4. Menetapkan
kumpulan aturan
Ada beberapa cara untuk
mendefenisikan sebuah ruang keadaan, yaitu
1. Graf
keadaan
Cara
untuk menunjukan keadaan yang terdiri dari node-node yang dihubungkan dengan menggunakan busur
yang diberi anak apanah untuk menunjukan arah dan node-node ini menunjukan
keadaan yang dimaksud yaitu keadaan awal dan keaadaan baru yang akan dicapai
dengan menggunakan operator.
2. Pohon
pelacakan
Pohon
Pelacaka merupakan cara untuk menunjukan
keadaan dimana prosesnya tidak ada terjadi siklus untun mencapai tujuan yang
diinginkan. Kelamahannya hanya membuthkan waktu yang lama
3. Pohon
AND/OR
Untuk
mengantisipasi kelemahan yang ada pada
pohon pelacakan kita dapat menggunakan pohon AND/OR.
Contoh :
Game Petani Menyebrang
Kondisi
awal
Pulau kiri : ( p,a,g,h)
(
I,I,I,I,)
Pulau kanan : ( p,a,g,h )
(
o,o,o,o )
Kondisi
Akhir
Pulau kiri : ( o,o,o,o )
Pulau kanan ( I,I,I,I,)
Aturan
:
1. Petani
menyebrang
2. Petani
baik
3. Ayam
menyebrang
4. Ayam
balik
5. Gabah
menyebrang
6. Gabah
balik
7. Harimau
Menyebrang
8. Harimau
balik
Solusi
:
Pulau kiri
( p,a,g,h)
|
Pulau kanan
( p,a,g,h )
|
Aturan yang dijalankan
|
1.
(I,I,I,i)
|
(o,o,o,o)
|
|
2.
(o,o,I,i)
|
(I,I,o,o)
|
1,3
|
3.
(I,o,I,i)
|
(o,I,o,o)
|
2
|
4.
(o,o,I,o)
|
(I,I,o,i)
|
1.7
|
5.
(I,I,I,o)
|
(o,o,o,i)
|
2.4
|
6.
(o,I,o,o)
|
(i,o,I,i)
|
1.5
|
7.
(I,I,o,o)
|
(o,o,I,i)
|
2
|
8.
(o,o,o,o)
|
(I,I,I,I,)
|
1.3
|
Kesimpulan
Dari pernyataan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Mendefinisikan suatu ruang keadaan, Menetapkan satu atau lebih keadaan awal (initial state) , Menetapkan satu atau lebih tujuan (goal state),Menetapkan kumpulan aturan
Saran
Dari kesimpulan yang dibuat sebaiknya proses yang ada pada ruang keadaan dapat diimplementasikan untuk mencapai sebuah keadaan baru dengan menggunakan operator yang tersedia
Nama : Tentri May
Simbolon
NPM : 1144027
Kelas : D4 Teknik Informatika 3C
Kampus : Politeknik Pos Indonesia
Link Plagiarisme :
Smallseotools
searcheingenerrepost
Referensi : Matakuliah Kecerdasan Buatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar